Recently Published
Most Viewed
Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3d Pada Animasi 3d “Jangan Bohong Dong” Image
Journal article

Analisis Dan Pembuatan Rigging Karakter 3d Pada Animasi 3d “Jangan Bohong Dong”

Dalam pembuatan animasi 3D terdapat proses yang disebut rigging. Rigging adalah metode pemberian atau pemasangan tulang pada karakter animasi agar bisa digerakkan. Tetapi jika dalam animasi 3D sebuah model karakter 3D tidak menggunakan rigging, apakah model karakter 3D tersebut dapat digerakkan dan dapat membuat sebuah gerakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakter 3D yang menggunakan rigging dan tidak menggunakan rigging. Untuk itu dibuatlah penelitian pada karakter 3D yang menggunakan rigging dan tidak menggunakan rigging. Penelitian ini menggunakan sepuluh karakter dan beberapa gerakan sebagai bahan pengujian. Metode pengujian yang digunakan terdiri dari jumlah keyframe yang dipakai dalam membuat sebuah gerakan, jumlah objek yang diberikan keyframe dan waktu yang dibutuhkan dalam membuat sebuah gerakan. Hasil dari pengujian membuktikan bahwa karakter yang menggunakan rigging dapat membuat proses animating menjadi lebih efektif.
Analisa Perbandingan Logic Fuzzy Metode Tsukamoto, Sugeno, Dan Mamdani (Studi Kasus : Prediksi Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung) Image
Journal article

Analisa Perbandingan Logic Fuzzy Metode Tsukamoto, Sugeno, Dan Mamdani (Studi Kasus : Prediksi Jumlah Pendaftar Mahasiswa Baru Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung salah satu institusi perguruan tinggi yang memiliki kualitas yang bagus dan memiliki potensi yang dapat menyerap mahasiswa baru berdasarkan berlimpahnya data awal yang diperoleh dari tahun ajaran 2013/2014 sampai dengan 2016/2017, dengan tahapan seleksi penerimaan yang banyak bahkan mahasiswa baru yang terserap beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan dan penurunan.Dalam penelitian dilakukan analisa perbandingan algoritma fuzzy logic metode Tsukamoto, Sugeno dan Mamdani untuk memprediksi jumlah pendaftar untuk tahun kedepan dilihat dari jumlah mahasiswa yang lulus dan registrasi dari tahun sebelumnya dan dalam membandingkan perhitungannya menggunakan nilai rata-rata dari hasil yang diperoleh pada ketiga metode fuzzy tersebut dengan aplikasi berbasis web.Hasil dari penelitian yang telah dihitung bahwa metode fuzzy Mamdani mempunyai tingkat error yang lebih kecil sebesar 19,76 % dibandingkan dengan metode Tsukamoto sebesar 39,03 % dan Sugeno sebesar 86,41 % pada prediksi jumlah pendaftar mahasiswa baru.
Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran Image
Journal article

Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran

Self Driving Car: Artificial Intelligence Approach Image
Journal article

Self Driving Car: Artificial Intelligence Approach

Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android Image
Journal article

Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android

Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran Image
Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran Image
Journal article

Penggunaan Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran

Self Driving Car: Artificial Intelligence Approach Image
Self Driving Car: Artificial Intelligence Approach Image
Journal article

Self Driving Car: Artificial Intelligence Approach

Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android Image
Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android Image
Journal article

Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android

Suggested For You
Rancangan Disaster Recovery Pada Instansi Pendidikan Studi Kasus Universitas Mercu Buana Image
Journal article

Rancangan Disaster Recovery Pada Instansi Pendidikan Studi Kasus Universitas Mercu Buana

Perencanaan untuk pemulihan dari bencana dengan cepat menjadi diakui sebagai suatu kebutuhan. Begitu juga dengan institusi pendidikan memerlukan perencanaan pemulihan data mereka bila terjadi bencana. Oleh karena itu peneliti mencoba membuat rencana pemulihan bagi salah satu institusi pendidikan yang ada di Indonesia yang dituangkan pada paper ini. Paper yang peneliti buat berjudul “DRP menggunakan sistem fail over dan mirroring untuk instansi pendidikan Studi kasus Universitas Mercu Buana” menggunakan metode NDLC (Network Development Life Cylce). Dengan tujuan agar Universitas Mercu Buana akan lebih cepat melakukan pemulihan sistem komputerisasi mereka saat terjadi bencana. Penulis menggunakan sistem fail over, mirroring karena penulis menerapkan metode aktif pasif, perencanaan pembuatan, penulis menggunakan NDLC karena metode ini sangat membantu dalam penyelesaian persoalan pada penulisan paper ini. Sistem fail over digunakan pada aplikasi yang berjalan pada Universitas Mercu Buana, yaitu aplikasi SIA (Sistem Informasi Akademik), dan mirroring pada mesin database-nya.
Ant Colony Optimization Image
Journal article

Ant Colony Optimization

Perancangan Sistem Pemilukada Online Dengan Mekanisme Basisdata Menggunakan RFID Image
Journal article

Perancangan Sistem Pemilukada Online Dengan Mekanisme Basisdata Menggunakan RFID

Aplikasi Diagnosa Potensi Glaukoma Melalui Citra Iris Mata Dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Propagasi Balik Image
Journal article

Aplikasi Diagnosa Potensi Glaukoma Melalui Citra Iris Mata Dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Propagasi Balik

Hidden Messages Pada Google Map Marker Images Menggunakan Teknik Steganografi Image
Journal article

Hidden Messages Pada Google Map Marker Images Menggunakan Teknik Steganografi

Ant Colony Optimization Image
Ant Colony Optimization Image
Journal article

Ant Colony Optimization

Perancangan Sistem Pemilukada Online Dengan Mekanisme Basisdata Menggunakan RFID Image
Perancangan Sistem Pemilukada Online Dengan Mekanisme Basisdata Menggunakan RFID Image
Journal article

Perancangan Sistem Pemilukada Online Dengan Mekanisme Basisdata Menggunakan RFID

Aplikasi Diagnosa Potensi Glaukoma Melalui Citra Iris Mata Dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Propagasi Balik Image
Aplikasi Diagnosa Potensi Glaukoma Melalui Citra Iris Mata Dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Propagasi Balik Image
Journal article

Aplikasi Diagnosa Potensi Glaukoma Melalui Citra Iris Mata Dengan Jaringan Saraf Tiruan Metode Propagasi Balik

Hidden Messages Pada Google Map Marker Images Menggunakan Teknik Steganografi Image
Hidden Messages Pada Google Map Marker Images Menggunakan Teknik Steganografi Image
Journal article

Hidden Messages Pada Google Map Marker Images Menggunakan Teknik Steganografi

Journal article

Rute Terpendek Pembacaan Water Meter Induk PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang

Rute Terpendek Pembacaan Water Meter Induk PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang Image
Journal article

Indonesia Web Defacement Attacks Analysis for Anti Web Defacement

Indonesia Web Defacement Attacks Analysis for Anti Web Defacement Image
Journal article

Penyisipan Teks Dengan Metode Low Bit Coding Pada Media Audio Menggunakan MATLAB 7.7.0

Penyisipan Teks Dengan Metode Low Bit Coding Pada Media Audio Menggunakan MATLAB 7.7.0 Image
Read more articles